#1 Berkreasi di PembaTIK Level 4

Halo sahabat pendidik semuanya...

   Mendengar kata Pembatik (Pembelajaran Berbasis TIK) yang diselenggarakan oleh Pusdatin, Kemendikbud. Mungkin banyak sahabat pendidik yang bertanya-tanya apa saja yah yang dilakukan di PembaTIK itu? Nah, saya akan sedikit berbagi pengalaman selama saya mengikuti Pembatik Level 4 Maluku Utara 2020 meskipun pelatihannya baru saja dimulai.

    Akan tetapi, saya akan bercerita sedikit kenapa saya bisa ikut di Pembatik Level 4. Kenapa cerita saya langsung ke Level 4? Bukan ceritanya dimulai dari Level 1, 2 atau 3. Sahabat pendidik semuanya, sebenarnya saya telah mengikuti Pembatik level 1 sampai level 3 tahun 2019 kemarin. Sayapun telah menjadi Sahabat Rumah Belajar (SRB Malut 2019). Namun, ada kebijakan baru dari Pusdatin yang memberi peluang kepada kami Sahabat Rumah Belajar tahun lalu, untuk langsung mendaftar di Level 3 tahun ini. Jadi, kami tidak ikut lagi di Pembatik Level 1 dan 2 tahun ini. Sebab, yang telah mengantongi sertifikat level 1 dan 2 tahun lalu bisa langsung daftar di Level 3 tahun ini. Nah, di level 3 inilah kami kembali berjuang untuk bisa lolos ke level 4 dan akhirnya bisa kembali jadi SRB Malut 2020.

    Ada hal unik yang membuat saya merasa bahwa keseruan SRB Malut 2020 ini tidak kalah dengan tahun lalu. Karena tahun ini kami diberi tugas untuk memiliki akun blog masing-masing untuk menuangkan ide-ide atau cerita-cerita kita ke blog tersebut.

     Salah satu motivasi untuk berkreasi setelah memiliki blog adalah tulisan yang ada di blog bisa dibaca oleh siapa saja yang berselancar di dunia maya. Itulah yang memotivasi saya untuk mau belajar mengedit foto di aplikasi photoshop agar postingan saya selanjutnya bisa semakin menarik, meskipun bagi sebagian pembaca sama sekali gak menarik, hehehe!!! 

     Demi foto yang menarik itulah saya bela-belain meminta bantuan ke Guru TIK SMK Negeri 2 Halmahera Barat untuk mengajari saya bagaimana menjalankan aplikasi pengedit foto di photoshop. Alhasil setelah dua hari dua malam belajar, inilah gambar pertama yang telah saya edit meskipun masih sangat jauh dari kata menarik itu tadi. Namun saya sudah merasa bangga. Makasih Pak Guru Ahmad Safii Bandu yang telah membimbing saya mengedit foto ini, meski saya merasa bahwa dia pusing mengajar saya karena benar-benar untuk pertama kalinya saya mengenal dan mengetahui apa-apa saja fitur yang ada didalam aplikasi photosop tersebut. Tak lupa juga saya berterima kasih kepada saudara saya Asis Wahyudi yang telah membantu saya take gambar ini.


     Seru kan, sahabat pendidik semuanya??? Nah, itulah salahsatu contoh yang kami kerjakan di Pembatik Level 4 ini. Dan cerita ini bakalan panjang loh, namun akan saya ceritakan di postingan-postingan saya berikutnya..

Tapi sebelum saya menyelesaikan tulisan ini dan melanjutkan kepostingan berikutnya, Sahabat pendidik bisa membaca manfaat mengikuti Pembatik, berikut ini:

1. Meningkatkan kemampuan TIK sesuai dengan perkembangan teknologi terkini

2. Mendapatkan sertifikat pada setiap level dengan skala nasional

3. Berkesempatan untuk menjadi Duta Rumah Belajar

     Oia, bila kalian berminat untuk ikut pelatihannya, silahkan klik link : SIMPATIK ! Siapa tau berminat merasakan keseruan menjadi Sahabat Rumah Belajar di Pembatik Level 4 berikutnya ???


Hamrah Surianto Lahir tahun 1987,saat ini mengabdi di sekolah negeri sebagai guru daerah 3T.

2 Komentar untuk "#1 Berkreasi di PembaTIK Level 4"

  1. Sangat berbobot, ringan dan nyaman tuk dibaca .. Suka sama tulisannya Pak ..
    Sukses selalu Pak

    BalasHapus
  2. Sangat menginspirasi..tulisannya sederhana namun bisa dimaknai👍🏿👍🏿👍🏿

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel