Penerapan Flipped Classroom dengan mengunduh video dari Sumber Belajar di Portal Rumah Belajar


PENERAPAN FLIPPED CLASSROOM

Tanggal pelaksanaan    : 07 Oktober 2019 – 09 September 2019   

Fitur Rumah Belajar      : Video dari Sumber Belajar  

Jumlah siswa                : 17 Siswa

Penerapan Flipped Classroom yang saya laksanakan di kelas IX SMP Negeri 23 Halmahera Barat  yakni berdasarkan skema berikut:

The Flipped Classroom

OUT OF CLASS

Before :

Students prepare to participate in class activities

IN CLASS

During :

Students practice applying key concepts with feedback

OUT OF CLASS

After :

Students check their understanding and extend their learning

Kurikulum yang digunakan di kelas IX ini masih KTSP dan sesuai dengan video pembelajaran yang telah saya buat yakni Descriptive Text about someone, Berhubung karena SMP Negeri 23 Halmahera Barat penempatan mengajar saya adalah daerah 3T jangkauan internet disini masih belum ada sehingga penulis mengakalinya dengan menggunakan metode offline yakni membagikan video pembelajaran tentang Descriptive Text yang telah saya buat tersebut beserta satu video yang saya download di Sumber Belajar yang merupakan video karya Ni Luh Putu Mira Suantari, S.Pd.

Uraian Pelaksanaan :

Langkah 1

Sebelum tatap muka di kelas.

Penyiapan materi (video) kepada siswa

Dua hari sebelum pembelajaran Bahasa Inggris saya telah membagikan 2 buah video tentang Descriptive Text, yakni Video karya saya sendiri dan Video Karya Ni Luh Putu Mira Suantari (unduh dari Sumber Belajar) untuk dipelajarinya dirumah dengan membagikan video tersebut kepada siswa kelas IX yang telah memiliki android, karena meskipun daerah ini belum ada jaringan telepon dan internet namun sudah ada beberapa siswa yang telah memiliki hp jenis android, saya memberi saran agar siswa yang memiliki video tersebut untuk berbagi menonton dengan teman mereka.

Siswa menyimak dua buah video tentang Descriptive text yang telah saya bagikan dirumah mereka bersama teman-temannya

Langkah 2

Tatap muka di dalam ruangan kelas

Membuka proses pembelajaran dengan mengecek kehadiran siswa, terdapat dua orang siswa yang tidak hadir

Apersepsi

Menyampaikan tujuan pembelajaran

Langkah 3

Siswa membentuk kelompok, siswa dibagi menjadi 5 kelompok kecil yakni tiap kelompok terdiri dari 3 siswa

Siswa mendiskusikan hasil pengamatan mereka terhadap video, siswa mendiskusikan hasil pengamatan mereka dengan menyelesaikan 3 buah pertanyaan yakni:

1.      Write down the definition of Descriptive Text!

2.      Write down the purpose of Descriptive Text!

3.      Write down the generic structure of Descriptive Text and explain it!

Siswa mempresentasikan hasil diskusi LKS, setelah diskusi selesai tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi groupnya dengan membacakan didepan kelas yang diwakili oleh masing-masing ketua kelompok

Penguatan pemahaman siswa, Setelah masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya guru memberikan penguatan tentang pemahaman siswa tentang materi Descriptive Text

Menyimpulkan hasil pembelajaran, guru memberikan kesimpulan atas pembelajaran tentang descriptive text

Langkah 4

Kuis, siswa diberikan 5 buah soal pilihan ganda tentang descriptive text sekaligus menguji pengetahuan tentang materi descriptive text ini

Penutupan proses pembelajaran dengan doa dan memberi informasi tentang pelajaran pada pertemuan berikut

Output

Output dari program Flipped Classroom yang saya kelola adalah kumpulan tugas kelompok siswa dan nilai ujian akhir. Portofolio dan Dokumentasi terlampir. 


Dokumentasi pelaksanaan Flipped Classroom di kelas IX SMP Negeri 23 Halmahera Barat

Diskusi kelompok                                 

Mengecek kelompok

Mempresentasikan hasil diskusi

Fortopolio hasil diskusi kelompok 

Hamrah Surianto Lahir tahun 1987,saat ini mengabdi di sekolah negeri sebagai guru daerah 3T.

1 Komentar untuk "Penerapan Flipped Classroom dengan mengunduh video dari Sumber Belajar di Portal Rumah Belajar "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel