Penerapan Flipped Classroom dengan mengunduh video dari Sumber Belajar di Portal Rumah Belajar
Tanggal pelaksanaan : 07 Oktober 2019 – 09
September 2019
Fitur Rumah Belajar : Video dari Sumber Belajar
Jumlah siswa : 17 Siswa
Penerapan Flipped Classroom yang saya laksanakan di kelas
IX SMP Negeri 23 Halmahera Barat yakni
berdasarkan skema berikut:
The Flipped Classroom OUT OF CLASS Before : Students prepare to participate in
class activities IN CLASS During : Students practice applying key
concepts with feedback OUT OF CLASS After : Students check their understanding and
extend their learning |
Kurikulum yang digunakan di kelas IX ini masih KTSP dan
sesuai dengan video pembelajaran yang telah saya buat yakni Descriptive Text
about someone, Berhubung karena SMP Negeri 23 Halmahera Barat penempatan
mengajar saya adalah daerah 3T jangkauan internet disini masih belum ada
sehingga penulis mengakalinya dengan menggunakan metode offline yakni
membagikan video pembelajaran tentang Descriptive Text yang telah saya buat
tersebut beserta satu video yang saya download di Sumber Belajar yang merupakan
video karya Ni Luh Putu Mira Suantari, S.Pd.
Uraian Pelaksanaan :
Langkah 1
Sebelum tatap muka di kelas.
Penyiapan materi (video) kepada siswa
Dua hari sebelum pembelajaran Bahasa Inggris saya telah
membagikan 2 buah video tentang Descriptive Text, yakni Video karya saya
sendiri dan Video Karya Ni Luh Putu Mira Suantari (unduh dari Sumber Belajar) untuk
dipelajarinya dirumah dengan membagikan video tersebut kepada siswa kelas IX
yang telah memiliki android, karena meskipun daerah ini belum ada jaringan
telepon dan internet namun sudah ada beberapa siswa yang telah memiliki hp
jenis android, saya memberi saran agar siswa yang memiliki video tersebut untuk
berbagi menonton dengan teman mereka.
Siswa menyimak dua buah video tentang Descriptive text
yang telah saya bagikan dirumah mereka bersama teman-temannya
Langkah 2
Tatap muka di dalam ruangan kelas
Membuka proses pembelajaran dengan mengecek kehadiran
siswa, terdapat dua orang siswa yang tidak hadir
Apersepsi
Menyampaikan tujuan pembelajaran
Langkah 3
Siswa membentuk kelompok, siswa dibagi menjadi 5 kelompok
kecil yakni tiap kelompok terdiri dari 3 siswa
Siswa mendiskusikan hasil pengamatan mereka terhadap
video, siswa mendiskusikan hasil pengamatan mereka dengan menyelesaikan 3 buah
pertanyaan yakni:
1. Write down the definition of
Descriptive Text!
2. Write down the purpose of
Descriptive Text!
3. Write down the generic
structure of Descriptive Text and explain it!
Siswa mempresentasikan hasil diskusi LKS, setelah diskusi
selesai tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi groupnya dengan membacakan
didepan kelas yang diwakili oleh masing-masing ketua kelompok
Penguatan pemahaman siswa, Setelah masing-masing kelompok
mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya guru memberikan penguatan tentang
pemahaman siswa tentang materi Descriptive Text
Menyimpulkan hasil pembelajaran, guru memberikan
kesimpulan atas pembelajaran tentang descriptive text
Langkah 4
Kuis, siswa diberikan 5 buah soal pilihan ganda tentang
descriptive text sekaligus menguji pengetahuan tentang materi descriptive text
ini
Penutupan proses pembelajaran dengan doa dan memberi
informasi tentang pelajaran pada pertemuan berikut
Output
Output dari program Flipped Classroom yang saya kelola adalah kumpulan tugas kelompok siswa dan nilai ujian akhir. Portofolio dan Dokumentasi terlampir.
Dokumentasi pelaksanaan Flipped Classroom di kelas IX SMP Negeri 23 Halmahera Barat
Diskusi kelompok
Mengecek kelompok
Mempresentasikan hasil diskusi
Fortopolio hasil diskusi kelompok
Tulisannya menginspirasi
BalasHapusLanjutkan!!!