Berbagi 5_ Implementasi Flipped Classroom Tipe Peer Instruction Menggunakan Sumber Belajar dan TV Edukasi

Implementasi Flipped Classroom Tipe Peer Instruction Menggunakan Fitur Sumber Belajar dan TV Edukasi
Pelaksanaan    : Senin, 19 Oktober 2020
Lokasi              : Lab. SMP Negeri 2 Halmahera Barat
Peserta            : 24 orang guru

    Kordinasi ke kepala sekolah saya sampaikan pada tanggal 5 Oktober 2020 untuk mengadakan kegiatan berbagi tentang pemanfaatan produk Pusdatin dalam inovasi pembelajaran. Saat itu ibu Wiwin Megah A Rahman, S.Pd. kepala SMP Negeri 2 Halmahera Barat, belum memberi saya waktu untuk melaksanakan kegiatan ini secepatnya karena siswa sedang PTS (penilaian tengah semester). Kegiatan ini kemudian dijadwalkan dua minggu yang akan datang, sehingga di sepakati tanggal 19 Oktober 2020.

        Pelaksanaan kegiatan berbagi ini saya laksanakan dengan tema "Implementasi Flipped Classroom Tipe Peer Instruction Menggunakan Fitur Sumber Belajar dan TV Edukasi". SMP Negeri 2 Halmahera Barat, sekolah yang menjadi sasaran kegiatan berbagi saya merupakan sekolah yang berada di pusat kota Jailolo. Motivasi saya mengadakan kegiatan berbagi disekolah ini hampir sama dengan SMP Negeri 1 Halmahera Barat, yakni menambah referensi pembelajaran bagi guru dengan mengimplementasikan flipped classroom menggunakan produk Pusdatin, ditambah lagi sekolah ini memiliki jaringan internet yang memadai.
        Kegiatan berbagi ini dibuka langsung oleh ibu Kepala Sekolah dihadiri 24 orang guru. Kegiatan saya laksanakan dengan perkenalan diri terlebih dahulu, kemudian menjelaskan secara keseluruhan fitur-fitur yang ada di Rumah Belajar. Produk Pusdatin lainnya saya bahas yakni TV Edukasi, Suara Edukasi, dan Radio Edukasi. Saya juga tidak lupa membuat outline kegiatan berbagi yang dibagikan kepada peserta sebelum kegiatan dilaksanakan dengan rincian sebagai berikut:
1.    Kupas tuntas fitur utama Sumber Belajar dan TV Edukasi
a. Memutar video pembelajaran dari Sumber Belajar dan TV Edukasi dan mengunduh video.
b. Mengimplementasikan video pembelajaran kedalam model pembelajaran flipped classroom tipe peer instruction.
2.    Kupas tuntas fitur pendukung “Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan”
a. Pelatihan pembelajaran berbasis TIK (PembaTIK) di Simpatik
-PembaTIK Level Literasi 
-PembaTIK Level Implementasi
-PembaTIK Level Kreasi
-PembaTIK Level Berbagi
b. Manfaat mengikuti pembaTIK
-Meningkatkan kemampuan TIK sesuai dengan perkembangan teknologi terkini
-Mendapatkan sertifikat pada setiap level dengan skala nasional
-Berkesempatan untuk menjadi Duta Rumah Belajar
3.    Tugas
a.    Membuat akun di Portal Rumah Belajar
Link : http://belajar.kemdikbud.go.id
Syarat memiliki email dan membuatkan password
b.    Membut akun di SIMPATIK untuk ikut PembaTIK
Link : simpatik.belajar.kemdikbud.go.id
Syarat memiliki email dan membuatkan password
        Tujuan membagikan outline agar pembahasan dalam kegiatan berbagi lebih terarah. Saya membimbing peserta mengunduh video pembelajaran dari Sumber Belajar dan TV Edukasi yang bisa mereka gunakan kapan saja. Saya kemudian menjelaskan salahsatu contoh pengimplementasian video pembelajaran tersebut kedalam model pembelajaran flipped classroom tipe peer instruction menurut (Utami dalam Riadi, 2020) dengan sintaks berikut:
Tahap pertama
Peserta didik mempelajari video ataupun audio dirumah masing-masing.
Tahap kedua 
Peserta didik datang ke kelas dengan kegiatan menjawab pertanyaan konseptual secara individu.
Tahap ketiga
Peserta didik diberi kesempatan beradu pendapat untuk meyakinkan jawaban tersebut kepada temannya.
Tahap keempat
Peserta didik diberikan tes individu untuk mengukur pemahamannya.

      Dengan sintaks diatas, saya jelaskan bahwa sangat tepat dilaksanakan di SMP Negeri 2 Halmahera Barat yang telah memberlakukan pembelajaran secara tatap muka saat ini. Tahapannya masih sangat memungkinkan siswa tetap menjaga jarak, karena flipped classroom tipe ini tidak mengharuskan siswa kerja berkelompok. Sampai pada penjelasan tersebut, sudah ada tiga orang peserta yang mengajukan pertanyaan, salahsatunya "Apakah video Sumber Belajar itu pembuat videonya dapat diketahui?", tanya Pak Ramli Mansur. Sayapun menjawabnya dengan antusias. 

     Kegiatan berbagi ini saya laksanakan sesuai dengan outline. Sebagai hasil kegiatan ini yakni guru SMP Negeri 2 Halmahera Barat telah mengetahui tentang video Sumber Belajar dari portal Rumah Belajar dan TV Edukasi yang bisa diimplementasikan dalam pembelajaran flipped classroom tipe peer instruction. Dengan dibimbing satu-persatu, mereka telah mendaftar di akun Rumah Belajar dan akun Simpatik. Poin penting yang saya dapatkan dari kegiatan tersebut adalah kepala sekolah sangat mengapresiasi kegiatan ini. Beliau ingin agar guru-guru di sekolah tersebut dapat berkembang dan meminta diinformasikan bila pembaTIK tahap berikutnya telah dibuka.
tandatangan peserta

   Berbagi inovasi pembelajaran berbasis TIK mewujudkan merdeka belajar. Merdeka belajarnya, Rumah Belajar portalnya, maju Indonesia. Rumah Belajar, belajar dimana saja kapan saja dengan siapa saja.

Hamrah Surianto Lahir tahun 1987,saat ini mengabdi di sekolah negeri sebagai guru daerah 3T.

Belum ada Komentar untuk "Berbagi 5_ Implementasi Flipped Classroom Tipe Peer Instruction Menggunakan Sumber Belajar dan TV Edukasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel