Berbagi 2_ Pemanfaatan Fitur Sumber Belajar dalam Pembelajaran Flipped Classroom


Pemanfaatan Fitur Sumber Belajar dalam Pembelajaran Flipped Classroom
Pelaksanaan    : Selasa, 06 Oktober 2020
Lokasi              : Ruang Kelas IX SMP Negeri 23 Halmahera Barat
Peserta            : 7 orang guru

     SMP Negeri 23 Halmahera Barat memiliki jaringan internet yang sangat terbatas dan masuk kategori sekolah sangat tertinggal menurut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Desa Tertinggal dan Transmigrasi, sebagaimana tertera di info GTK. Kecenderungan guru yang mengajar masih terbatas hanya pada buku paket yang tersedia sehingga perlu dilakukan kegiatan berbagi tentang fitur Rumah Belajar. Tujuannya untuk meningkatkan  kemampuan guru dalam pembelajaran berbasis TIK dan mengaplikasikan fitur-fitur portal Rumah Belajar dalam pembelajaran. Meningkatkan pemahaman tentang penerapan flipped classroom menggunakan video agar memaksimalkan pembelajaran TIK di daerah dengan jaringan internet terbatas.

      Sekolah ini merupakan sekolah tempat saya bertugas sehingga saya  merasa antusias untuk berbagi, ditambah juga sekolah kami ini kedatangan guru matematika baru yang bertugas sejak awal Agustus. Pagi sebelum saya berangkat menuju SMP Negeri 23 Halmahera Barat, semuanya saya rasa terburu-buru karena malam itu saya menginap di kost teman di Jailolo. Jarak Jailolo dengan SMP Negeri 23 Halmahera Barat kurang lebih 44 km. Jam telah menunjukkan pukul 06.30 sementara undangan yang telah kami bagikan bahwa kegiatan berbagi dilaksanakan pukul 08.00. Perasaan saya sudah campur aduk, saya rasa akan terlambat. Hasilnyapun luar biasa karena saya sampai disekolah pukul 07.40, lebih luar biasanya lagi ternyata semua peserta kegiatan berbagi yang berjumlah 7 orang terdiri dari kepala sekolah dan rekan guru belum ada yang hadir. Maklum karena cuaca kurang mendukung kabut dijalan masih tebal, karena sekolah kami berada di ujung hutan yang bergunung.

       Detik-detik sebelum pelaksanaan kegiatan, saya terlebih dahulu memasang baliho desain saya. Kemudian mempersiapkan segala peralatan seperti proyektor dan laptop serta mengecek jaringan internet yang menjadi misteri di Desa Tabobol tempat sekolah kami didirikan. Misterinya adalah jaringan internetnya yang 4G berasal dari provider XL munculnya kadang ada dan tidak ada. Ketika jaringan menghilang di gawai, saya biasa memakai mode pesawat lalu mengaktifkannya kembali. Biasanya jaringan akan stabil sekitar setengah jam, lalu menghilang dan perlakuan sama akan diulang lagi agar jaringan muncul lagi. Namun pagi ini ternyata jaringannya bersahabat sampai kegiatan berbagi selesai.


      Kegiatan pun dimulai pukul 08.20 dan berakhir pukul  11.00. Rangkaian kegiatan yang saya laksanakan yakni, menjelaskan ke 4 fitur utama dan 6 fitur pendukung portal Rumah Belajar. Kemudian saya menjelaskan secara detail fitur Sumber Belajar yang menjadi fitur andalan saya berbagi di sekolah ini, karena saya langsung menghubungkan penggunaan video hasil unduhan dari rumah belajar untuk diimplementasikan dalam model pembelajaran flipped classroom. Alhamdulillah, antusias rekan guru membuat saya bersemangat karena respon yang begitu menggebu-gebu dari peserta, utamanya bapak guru matematika kami yang baru disekolah ini. Namanya Frangki Aristiadi Masipupu, penjelasan saya terkadang dipotong bagaikan salipan mobil tanpa klakson karena semangat dan penasarannya dengan portal Rumah Belajar yang baru dia ketahui bahwa kita bisa mengunduhnya berbagai media pembelajaran secara gratis.


     Saya melanjutkan kegiatan berbagi ini dengan penjelasan secara detail tentang model pembelajaran flipped classroom yang menjadi praktik baik saya disekolah yang memiliki akses internet terbatas seperti SMP 23 Halmahera Barat ini. Flipped classroom telah saya laksanakan satu kali pada tahun lalu dan hasilnya pun luar biasa pada waktu itu. Anak-anak senang dengan metode menonton video pembelajarannya. Dan saya praktikkan lagi beberapa kali di tahun ini. Berikut sintaks flipped classroom :

The Flipped Classroom
1. OUT OF CLASS
Before :
Students prepare to participate in class activities
2. IN CLASS
During :
Students practice applying key concepts with feedback
3. OUT OF CLASS
After :
Students check their understanding and extend their learning
- Sebelum kelas,
Mempelajari video ataupun audio dirumah atau sebelum kelas
- Di dalam kelas,
Membahas materi pembelajaran, tanya jawab dan diskusi serta kegiatan interaktif lainnya.
- Setelah kelas,
Bisa diberikan tugas atau mengerjakan proyek.


      Lanjut, khusus untuk fitur pendukung yang saya jelaskan secara mendetail adalah pada fitur pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB). Saya mengajak rekan guru saya di sekolah untuk mau bergabung dipelatihan Pembatik agar mereka bisa meningkatkan kemampuan TIK mereka. Saya menjelaskan semua cara dan rangkaian pendaftaran di simpatik serta pelatihan yang bisa kita ikuti dan manfaat ikut dipelatihan tersebut.


       Rangkaian kegiatan berbagi ini saya rasa sangat bermakna dan menumbuhkan semangat saya untuk terus berbagi karena respon mereka membuat semakin termotivasi. Tidak lupa sebelum saya menutup rangkaian kegiatan berbagi kedua ini, sayapun memberi mereka dua buah tugas. Pertama, membuat akun di portal rumah belajar agar mereka bisa mengunduh video pembelajaran serta multimedia pembelajaran interaktif dan audio-audio serta animasi pembelajaran lainnya yang bisa mereka gunakan secara offline dalam pembelajaran. Kedua, membuat akun di Simpatik agar mereka bisa mengikuti rangkaian pelatihan yang tersedia difitur ini.


       Hasil dari kegiatan berbagi yang saya laksanakan ini yakni dari tujuh peserta, terdapat lima orang guru yang sudah berhasil memiliki akun di Sumber Belajar dan akun di Simpatik. Pendaftarannya dilakukan di jaringan internet XL yang sangat lambat dan dua orang guru lainnya akan membuat akun di Jailolo. Dimana jaringan internetnya lebih stabil. Untuk inovasi pembelajaran, guru SMP 23 Halmahera Barat sudah bisa melaksanakan model pembelajaran flipped classroom yang baru saja saya bagikan. Sangat mengesankan kegiatan berbagi kedua ini. Harapan saya dapat lebih banyak berbagi dengan guru-guru lainnya yang ada di Halmahera Barat.

tandatangan peserta

        
Berbagi inovasi pembelajaran berbasis TIK mewujudkan merdeka belajar. Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar portalnya, maju Indonesia. Rumah Belajar, belajar dimana saja kapan saja dengan siapa saja.


Hamrah Surianto Lahir tahun 1987,saat ini mengabdi di sekolah negeri sebagai guru daerah 3T.

Belum ada Komentar untuk "Berbagi 2_ Pemanfaatan Fitur Sumber Belajar dalam Pembelajaran Flipped Classroom"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel