Berbagi 4_ Praktik Baik Pemanfaatan Fitur Sumber Belajar dan Suara Edukasi di Sekolah 3T

       Merupakan sebuah kehormatan bagi saya dengan ikut mengambil bagian menyampaikan praktik baik saya menggunakan produk Pusdatin dalam acara webinar Bisik Bisik Rumah Belajar. "
Praktik Baik Pemanfaatan Fitur Sumber Belajar dan Suara Edukasi di Sekolah 3T" menjadi judul materi yang saya sampaikan di webinar dengan tajuk "Bincang-Bincang Asyik Rumah Belajar". Webinar yang dilaksanakan hari Sabtu tanggal 10 Oktober 2020 tersebut, merupakan kolaborasi 8 pemateri Sahabat Rumah Belajar dari empat provinsi dengan praktik baik yang dilaksanakan di sekolah masing-masing. 

     Awal cerita keikutsertaan saya, yakni dengan pesan whatsapp dari Ibu Vida DRB Malut 2019 tanggal 7 Oktober 2020, untuk maksud mengikutsertakan saya dalam webinar tersebut. Tetapi, saya sempat ragu karena saya merasa kurang mampu untuk berbicara didepan publik. Namun, saya sadar bahwa ilmu yang telah saya dapatkan setelah membaca tiga modul dilevel empat ini bisa menjadi bekal saya untuk diaplikasikan dalam webinar ini. Modul tersebut yaitu, Strategi Berbagi, Pemanfataan Konferensi Video dan Komunikasi Efektif. Sayapun menjadi percaya diri untuk mengirim pesan balasan kepada bu Vida untuk bisa ikut berbagi dalam webinar tersebut. Tak lepas semangat yang diberikan oleh ibu Vida untuk saya, yang selalu mengayomi para SRB Malut meski beliau tidak menjadi tutor kami. Demikian juga ibu Iriany DRB Malut 2018 yang menyempatkan diri menerima konsultasi kami beserta support semangatnya.

     Tiba hari pelaksanaan, saya merasa semuanya bisa saya laksanakan dengan baik di webinar Bisik-Bisik Rumah Belajar tersebut. Materi yang telah saya buat dalam bentuk powerpoint, benar-benar saya kuasai dengan cara mengulang-ulang berbicara didepan teman-teman. Agar dalam webinar nanti, saya bisa menyampaikan materi dengan fasih dan lancar. Saya mendapat giliran menyampaikan materi praktik baik di urutan ketiga, berikut daftar urutan para SRB dari empat provinsi;
1. Sudar Riyadi Pangaribowo SRB Kalimantan Barat dengan Praktik Baik Pemanfaatan Fitur Sumber Belajar dalam Pembelajaran di Pedalaman.
2. Retno Nursyamsu SRB Jawa Tengah dengan Praktik Baik Pemanfaatan Kelas Maya di Rumah Belajar.
3. Hamrah Surianto SRB Maluku Utara dengan Praktik Baik Pemanfaatan Fitur Sumber Belajar dan Suara Edukasi di Sekolah 3T.
4. Rhomadhoni Ira Martika SRB DIY dengan Praktik Baik Pemanfaatan TV Edukasi.
5. Yuseta Wuri Chancarini SRB DIY dengan Praktik Baik Pemanfaatan Radio Edukasi dalam Pembelajaran.
6. Emilia Sugiarto SRB Maluku Utara dengan Praktik Baik Pemanfaatan Fitur Laboratorium Maya di Sekolah 3T.
7. Listiadi SRB Jawa Tengah dengan Praktik Baik Pemanfaatan Laboratorium Maya dalam Pembelajaran.
8. Wahida Diantika SRB Kalimantan Barat dengan Praktik Baik Pemanfaatan Karya Bahasa dan Sastra  beserta Peta Budaya pada Pembelajaran Mapel Bahasa Inggris Kelas 9 SMP.

      Keraguan yang sempat hinggap diawal tidak terjadi, karena saya bisa menyampaikan materi tersebut dengan lancar sampai selesai. Berikut powerpoint yang saya paparkan beserta penjelasan singkatnya dalam webinar tersebut, ini adalah praktik baik yang saya laksanakan disekolah saya SMP Negeri 23 Halmahera Barat.
Menyapa dan memperkenalkan diri
Menyebutkan judul materi
Aspek yang akan dibahas
Penjelasan sekolah 3T tempat saya bertugas
Cara mengunduh video dari Sumber Belajar
Cara mengunduh audio dari Suara Edukasi
Inovasi pembelajaran dengan Flipped Classroom
Sintax Flipped Classroom
Pemaparan tentang Flipped Classroom
Pengaplikasian Flipped Classsroom

       Bersama ibu Vida, ibu Asih, ibu Yunda dan ibu Erna yang merupakan empat Duta Rumah Belajar dari empat provinsi yang berperan sebagai host, webinar ini berjalan baik dan lancar. Bintang tamu kami ibu Widawati dari PTP Pusdatin didapuk untuk membuka webinar ini, dan beliau sempat menyampaikan beberapa materi terkait pelaksanaan pembaTIK level berbagi untuk senantiasa melakukan inovasi pembelajaran dan berbagi praktik baik menggunakan produk Pusdatin

      Webinar ini sedianya dilaksanakan dengan durasi waktu 2 jam. Namun, karena pemateri dari 8 SRB empat provinsi menyelesaikan penjelasan praktik baiknya lebih dari 10 menit per orang, webinar inipun selesai lebih lambat 29 menit. Apresiasi tertinggi saya sampaikan kepada para peserta yang sempat hadir di room Zoom Cloud Meeting, sebab masih mampu bertahan menyaksikan memaparan materi para SRB sampai selesai. Tercatat 83 peserta sempat masuk dalam room webinar kami, meski tidak semuanya bertahan sampai acara selesai dan menghabiskan waktu sekitar 2 jam 29 menit. Peserta yang sempat mengisi daftar hadir berjumlah 84 orang.

         Saya merasa sangat senang sekaligus bangga dengan materi yang saya bagikan dalam acara webinar ini. Praktik baik yang telah saya laksanakan di sekolah beberapa kali akhir-akhir ini bisa saya bagikan kepada semua teman-teman guru yang sempat hadir dalam room tersebut. Guru-guru hebat dari berbagai provinsi di Indonesia semoga dapat memetik manfaat dalam acara webinar ini. Termasuk salah seorang guru dari Kabupaten Wajo Sulawesi-Selatan sempat mengirim pesan kepada saya agar dibagikan materi yang sempat dipaparkan dalam webinar tersebut. Sayapun mengunduh kumpulan materi dari teman yang bertugas untuk mengumpulkannya dalam bentuk softfile pdf, lalu mengirimkan kepadanya. Tak lupa saya menyampaikan pesan diakhir paparan materi saya untuk semua guru di Indonesia yang sempat hadir agar tetap berinovasi, keterbatasan bukan menjadi penghalang untuk berbagi. 

     Berbagi inovasi pembelajaran berbasis TIK mewujudkan merdeka belajar. Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar portalnya, maju Indonesia. Rumah Belajar, belajar dimana saja kapan saja dengan siapa saja.


Hamrah Surianto Lahir tahun 1987,saat ini mengabdi di sekolah negeri sebagai guru daerah 3T.

1 Komentar untuk "Berbagi 4_ Praktik Baik Pemanfaatan Fitur Sumber Belajar dan Suara Edukasi di Sekolah 3T"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel