Berbagi 3_ Implementasi Flipped Classroom Menggunakan Fitur Sumber Belajar dan Suara Edukasi


Implementasi Flipped Classroom Menggunakan Fitur Sumber Belajar dan Suara Edukasi
Pelaksanaan    : Kamis, 8 Oktober 2020
Lokasi              : Kelas IX A, SMP Negeri 1 Halmahera Barat
Peserta            : 31 orang guru

    SMP Negeri 1 Halmahera Barat merupakan salah satu sekolah menengah pertama favorit di Halmahera Barat. Jumlah siswa yang ada disekolah ini sebanyak 438 orang dengan guru sebanyak 35 orang. Jaringan internetnya memadai, sehingga saya bermaksud mengadakan kegiatan berbagi tentang portal Rumah Belajar dan Suara Edukasi agar bisa menambah referensi pembelajaran yang ada dengan implementasi flipped classroom.  

   Senin 5 Oktober saya langsung menghadap ke kepala sekolah untuk menyampaikan maksud dan tujuan saya mengadakan kegiatan berbagi. Saya menyampaikan ke beliau bahwa materi kegiatan berbagi saya yaitu Implementasi Flipped Classroom Menggunakan Fitur Sumber Belajar dan Suara Edukasi. Bapak kepala sekolah sangat tertarik dengan judul kegiatan yang saya sampaikan, beliaupun menyambut baik rencana kegiatan saya ini. Tak banyak hal yang saya sampaikan, beliau langsung berkata bahwa sesegera mungkin akan berkoordinasi dengan rekan guru yang ada, agar kegiatan ini dilaksanakan.
    Hari selasa sepulang sekolah, saya mendapat pesan whatsapp dari beliau bahwa kegiatan berbagi ini akan dilaksanakan pada hari kamis lusa. Saya menyambut baik waktu yang telah ditentukan. Persiapan saya lakukan dengan membuat outline kegiatan yang saya print dikertas untuk dibagikan kepada guru sesaat sebelum kegiatan dilaksanakan serta membuat baliho agar kegiatan ini memberi kesan yang lebih mendalam. Tujuan outline yang saya cetak dikertas adalah agar apa yang menjadi pembahasan saya nanti bisa lebih terarah. Peserta kegiatan berbagi yang sempat hadir sebanyak 31 orang dan membaca outline yang saya bagikan sebelum kegiatan dimulai.
     Acara ini dibuka oleh Bapak kepala sekolah, Halil Taib dengan memberi sedikit arahan dan perkenalan tentang diri saya kepada guru yang ada di SMP Negeri 1 Halmahera Barat. Kegiatan berbagi ini dimulai pukul 10.00 WIT dan berakhir pukul 12.30 WIT. Kegiatan ini saya mulai dengan gambaran umum tentang portal Rumah Belajar. Satu-persatu fitur utama dan fitur pendukung saya jelaskan, selanjutnya saya jelaskan pula tentang Suara Edukasi yang bisa digunakan sebagai media pembelajaran untuk guru dan siswa. Guru-guru SMP Negeri 1 Halmahera Barat antusias. Mereka saya perhatikan serius. Setelah memberikan gambaran lebih rinci tentang portal Rumah Belajar, saya kemudian kembali ke fitur Sumber Belajar dan Suara Edukasi. Saya jelaskan cara untuk masuk ke fitur ini sampai mengunduh dan mengunggah hasil karya berupa video, web serta audio pembelajaran, juga saya jelaskan cara untuk menuju web Suara Edukasi serta cara mendengar audio dan mengunduhnya. 

   Saya mengajak rekan guru yang yang ada di SMP Negeri 1 Halmahera Barat untuk mengimplementasikan pembelajaran flipped classroom dengan menggunakan Sumber Belajar dan Suara Edukasi. Saya sampaikan bahwa flipped classroom adalah model pembelajaran terbalik dengan sintaks sebagai berikut: 
The Flipped Classroom
OUT OF CLASS
Before :
Students prepare to participate in class activities
IN CLASS
During :
Students practice applying key concepts with feedback
OUT OF CLASS
After :
Students check their understanding and extend their learning
Sebelum kelas,
Mempelajari video ataupun audio dirumah atau sebelum kelas
Di dalam kelas,
Membahas materi pembelajaran, tanya jawab dan diskusi serta kegiatan interaktif lainnya.
Setelah kelas,
Bisa diberikan tugas atau mengerjakan proyek.

    Sayapun memberikan contoh tentang praktik baik yang saya laksanakan disekolah saya mengimplemetasikan flipped classroom menggunakan Sumber Belajar dan Suara Edukasi secara offline karena merupakan daerah 3T. Beberapa pertanyaan muncul dari rekan guru di sekolah ini, termasuk penggunaannya secara offline. Dengan ketertarikannya sehingga muncul beberapa pertanyaan, dan saya menyampaikan bahwa model pembelajaran ini juga yang sangat cocok digunakan oleh rekan guru disini. Dengan jaringan internet yang lumayan, mereka bisa melakukan dengan lebih mudah dibandingkan kami di daerah 3T yang jaringannya sangat terbatas.

    Saya sampaikan bahwa untuk mengimplementasikan flipped classroom disekolah ini, cukup dengan memberi siswa tugas menonton video atau mendengar audio dirumahnya, bisa secara online atau offline. Satu langkah yang lebih mudah dibandingkan sekolah 3T. Tidak seperti yang saya lakukan disekolah saya, yakni biasanya saya sendiri yang mengunduh video atau audio ditempat yang berjaringan lalu membawanya kesekolah untuk dibagikan ke siswa-siswa.
     Seorang guru bernama Pak Burhan mengajukan pertanyaan tentang fitur Bank Soal serta meminta saya untuk memperkenalkan diri. Saya memang tidak memperkenalkan diri dari awal, karena saat sambutan kepala sekolah telah lebih dahulu mengenalkan saya dihadapan guru-gurunya, jadi saya merasa cukup. Namun ternyata bagi pak Burhan itu belum cukup. Beliau mempertanyakan kapasitas saya sehingga bisa mengadakan kegiatan berbagi ini. Dari sini saya bisa menjelaskan lebih jauh bahwa kegiatan berbagi ini saya adakan sebagai tugas di pembaTIK level 4. Saya sudah langsung bisa mengajak guru SMP 1 Halmahera Barat ini untuk mengikuti pembaTIK juga tahun berikutnya, agar guru-guru disini juga bisa mengadakan kegiatan berbagi seperti yang sedang saya lakukan. Tak lupa saya jelaskan bahwa mengikuti pembaTIK itu manfaatnya sangat luar biasa, bukan hanya sekedar mendapat sertifikat dan bisa berbagi, namun lebih mendalam lagi kita mendapatkan banyak ilmu baru serta meningkatkan kemampuan kita dalam mengimplementasikan pembelajaran menggunakan teknologi informasi dan komunikasi.

     Adapun rincian outline kegiatan yang saya laksanakan;
1.    Kupas tuntas fitur utama Sumber Belajar dan Suara Edukasi
a. Memutar video pembelajaran dari Sumber Belajar dan audio Suara Edukasi
b. Mengimplementasikan video dan audio pembelajaran kedalam model pembelajaran 
     flipped classroom sesuai praktik baik yang saya laksanakan disekolah 3T.
2.    Kupas tuntas fitur pendukung “Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan”
 a. Pelatihan pembelajaran berbasis TIK (PembaTIK) di Simpatik
 -PembaTIK Level Literasi 
 -PembaTIK Level Implementasi
 -PembaTIK Level Kreasi
 -PembaTIK Level Berbagi
 b. Manfaat mengikuti pembaTIK
 -Meningkatkan kemampuan TIK sesuai dengan perkembangan teknologi terkini
 -Mendapatkan sertifikat pada setiap level dengan skala nasional
 -Berkesempatan untuk menjadi Duta Rumah Belajar
3.    Tugas
 a.    Membuat akun di Portal Rumah Belajar
 Link : http://belajar.kemdikbud.go.id
 Syarat memiliki email dan membuatkan password
 b.    Membut akun di SIMPATIK untuk ikut PembaTIK
 Link : simpatik.belajar.kemdikbud.go.id
 Syarat memiliki email dan membuatkan password

    Kegiatan berbagi ini berjalan lancar karena adanya pertanyaan dari beberapa guru, yang sejalan dengan outline yang telah saya buat. Sebagai output kegiatan ini yakni guru-guru SMP Negeri 1 Halmahera Barat telah mengetahui tentang portal Rumah Belajar yang bisa diimplementasikan dalam pembelajaran flipped classroom. Dengan dibimbing satu-persatu, mereka telah mendaftar di akun Rumah Belajar dan akun Simpatik. Mereka juga meminta agar saya menginformasikan jadwal kegiatan pembaTIK yang bisa mereka ikuti nantinya dan mereka telah mampu mengunduh video dan media pembelajaran lainnya di Rumah Belajar.
tandatangan peserta
          Berbagi inovasi pembelajaran berbasis TIK mewujudkan merdeka belajar. Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar portalnya, maju Indonesia. Rumah Belajar, belajar dimana saja kapan saja dengan siapa saja.


Hamrah Surianto Lahir tahun 1987,saat ini mengabdi di sekolah negeri sebagai guru daerah 3T.

Belum ada Komentar untuk "Berbagi 3_ Implementasi Flipped Classroom Menggunakan Fitur Sumber Belajar dan Suara Edukasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel